KIP Minta Warga Aktif Pantau DPS Pilpres

PKPU DPS 1Banda Aceh : Jelang pelaksanaan Pilpres 9 Juli mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, mengajak masyarakat untuk lebih pro aktif dalam mengawal proses pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden (Pilpres), yang saat ini sudah mulai di tempel di papan pengumuman setiap Desa di Kota Banda Aceh.

“Hari ini kita menyerahkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan Pilpres yang sudah ditetapkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk ditempelkan di semua papan pengumuman di desa-desa,” ujar Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawar Syah, di Asrama Haji, Banda Aceh, Selasa (20/5).

Munawar menyebutkan, jumlah pemilih sementara sebanyak 156.786 pemilih. “Jumlah ini meningkat dari DPT Kota Banda Aceh untuk pemilihan legislatif sebanyak 156.213,” sebutnya.

“Untuk warga Kota Banda Aceh saya menghimbau agar masyarakat yang dalam Pileg tidak terdaftar dalam DPT untuk dapat menghubungi PPS di desa masing-masing,” ujar Munawar.

Hal tersebut dimaksudkan agar yang bersangkutan bisa dimasukkan namanya dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan untuk Pilpres dan kemudian akan ditetapkan dalam DPT. “Jadi semuanya bisa memilih,” katanya.

Namun demikian bagi mereka yang nantinya juga tidak dijumpai oleh PPS yaitu orang yang bersangkutan sedang tidak di kampung, sebut Munawar, tetap bisa memilih dengan menggunakan KTP asalkan terdaftar sebagai penduduk Kota Banda Aceh.