Warga Diimbau aktif Sukseskan Pilpres

PKPU DPSBANDA ACEH– Pemilu presiden yang akan berlangsung pada 9 Juli diharapkan dapat berlangsung sukses. Karena itu Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mengimbau masyarakat berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu.

Ketua KIP kota Banda Aceh, Munawar Syah, menyebutkan, saat ini KIP telah menyebar Daftar Pemilih Sementara ke seluruh desa. Masyarakat diharapakan dapat berperan aktif dengan memeriksa keikutsertaan supaya dapat menggunakan hak pilih pada 9 Juli nanti.

“Kita harapkan ini mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat.perbaikan DPS paling lambat tanggal 26 Mai,” kata ketua KIP Kota Banda Aceh.

Saat ini Jumlah warga yang berhak mengikuti Pemilu atau masuk dalam Daftar Pemilih Sementara sebanyak 156.786 pemilih. Jumlah ini meningkat dari DPT Kota Banda Aceh untuk pemilihan legislatif lalu, yang berjumlah 156.213.

Menurut Munawar meningkatnya jumlah pemilih ini tentu karena banyak remaja yang bertambah umurnya dan genap 17 tahun serta warga yang pindah dan berhak mengunakan hak suara mereka di Banda Aceh. Usai pengumuman DPS ini juga pemilih juga bisa jadi bertambah.

“Nanti akan dlakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap. Penetapannya secara nasional dilakukan pada 5 Juni,” ujarnya.

Untuk itu dia mengimbau warga berperan aktif untuk melihat DPS dan memastikan keikutsertaan mereka pada pemilu presiden mendatang.“Saya menghimbau agart warga Kota Banda Aceh yang dalam Pileg tidak terdaftar dalam DPT, untuk dapat menghubungi PPS di desa masing-masing,” ujar Munawar.