Info Pemilu » Berita / News » Breaking News » Info Pemilu » Info Pemilu » Kegiatan / Activity » Sekilas Kota » Top Election Picture

Friday, 9 March 2018

Munawar Syah Ajak PPK dan PPS Kawal Demokrasi Substansial di kota Banda Aceh

Election News – Banda Aceh – KIP kota Banda Aceh resmi melantik 270 anggota PPS dan 27 anggota PPK dari 90 Gampong dan 9 Kecamatan di kota Banda Aceh pada Kamis (8/3). Munawar Syah ketua KIP kota Banda Aceh dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga integritas bagi penyelenggara pemilu 2019. Hal ini ia sampaikan di hadapan ratusan anggota PPS dan PPK yang telah resmi dilantik sebagai bagian penyelenggara pemilu 2019 di kota Banda Aceh.

“Pelantikan ini adalah start awal bagi semua bapak-bapak dan ibu yang telah melalui proses reckrutmen secara terbuka. Dan di pundak saudara ada wewenang yang diberikan oleh undang-undang. ”, lanjut Munawar.

Lebih lanjut Munawar menyampaikan bahwa ada perbedaan anggota PPK dan PPS dari pemilu yang lalu, perundang-undangan membatasi jumlah PPK dari sebelumnya berjumlah 5 orang, kini menjadi 3 orang sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu. Selain itu, ia melihat anggota PPK dan PPS kali ini didominasi oleh wajah-wajah baru.

“Artinya secara kuantitatif berkurang tapi secara kualitatif pekerjaannya bertambah.  Faktanya, hampir rata-rata yang mempunyai kompetensi sudah memiliki pengalaman menjadi penyelenggara pemilu.  Sehingga hari ini, sekitar 80% adalah wajah-wajah baru. Begitu juga dengan PPK, ada yang dari panwas melangkah menjadi anggota PPK, ada yang anggota PPS kemudian melangkah menjadi anggota PPK, kemudian ada juga tokoh-tokoh masyarakat, KPPS dan sebagainya,” ungkap Munawar.

Politik dan demokrasi, ia melanjutkan, tidak hanya sekedar proses elektoral saja tapi juga diharapkan dapat mencapai demokrasi substansial, dimana hak dari warga negara dijamin dan dipastikan oleh undang – undang, dan dikawal oleh negara melalui penyelenggaraan pemilu yang baik.

“Karena jabatan saudara ini, nasib bangsa dan negara untuk pemilu 2019 di kota Banda Aceh dipertaruhkan. Sebab, hasil pemilihan tidak sekedar angka-angka. Hasil pemilihan mampu kita pertanggung jawabkan di hadapan peserta pemilihan dan di hadapan mahkamah Allah nantinya,” Pungkas Munawar disambut tepuk tangan para hadirin.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin. Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Banda Aceh mengingatkan para anggota PPK dan PPS yang telah dilantik agar menjaga sumpah dan pakta integritas yang telah ditanda tangani. Menurutnya, untuk mencapai hasil  demokrasi yang baik, harus diawali integritas yang baik pula oleh penyelenggara pemilu. Pada kesempatan itu, ia juga turut mengapresiasi keberhasilan pemilu yang lalu.

“Kami dalam hal ini turut mengapresiasi KIP dan Panwas kota Banda Aceh. Hal ini dapat dilihat pada pemilu 2014 lalu. Itu menunjukkan karena prosesnya bagus, maka Alhamdulillah hasilnya juga bagus. Saya berharap mudah-mudahan para PPK dan PPS dapat membuktikan integritasnya pada pemilu 2019 nanti. Jangan sampai berbuat yang tidak benar dan berusaha membelokkan takdir Tuhan,” Pungkasnya.

Acara yang bertempat di gedung Pemko kota Banda Aceh tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin dan berbagai unsur Muspida kota Banda Aceh lainnya. Setelah dilantik, KIP kota Banda Aceh akan melaksanakan bimbingan teknis untuk anggota PPK pada Jumat (9/3). Sedangkan anggota PPS dijadwalkan pada Sabtu (10/3). (Media Center KIP Kota Banda Aceh)

Jurnalis  : Tim Center Media KIP Kota Banda Aceh

Editor      : Redaksi KIP Kota Banda Aceh