Info Pemilu » Berita / News » Breaking News » Info Pemilu » Berita / News » Election News » Info Kepemiluan Banda Aceh » Info Pemilu » Kegiatan / Activity » Sekilas Kota » Top Election Picture

Wednesday, 24 October 2018

Sasar Pemilih Pemula,KIP Banda Aceh kunjungi SMU

Election News – Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Banda Aceh menngunjungi 3 sekolah di wilayah kota Banda Aceh pada Selasa (23/10).  Tiga sekolah beruntung tersebut adalah SMAN 3 kota Banda Aceh, MAN 1 kota Banda Aceh dan SMAN Fajar Harapan.

Kegiatan yang mengusung tema KPU Goes To School tersebut adalah bagian dari tanggung jawab KIP kota Banda Aceh untuk memberikan pemahaman tentang kepemiluan khususnya kepada pemilih pemula. Hal ini disampaikan Indra Milwady Ketua  KIP kota Banda Aceh. Menurut Indra pemilih pemula ini sangat strategis, selain karena jumlah presentase yang terus meningkat dan segmen pemilih tersebut juga rentan kehilangan hak pilihnya.

“Kita memilih beberapa sampling yang strategis diantaranya pemilih pemula. Jadi pemilih pemula ini adalah mereka yang untuk pertama kalinya berpartisipasi pada pemilu, mereka yang memiliki rentang usia 17-22 tahun. Jadi kita akan berikan sosialisasi tentang kepemiluan sehingga mereka paham dan mau menggunakan hak pilihnya,” kata Indra.

Lebih lanjut Indra mengatakan pemilih pemula sangat potensial, sebab presentase segmen pemilih ini memiliki peningkatan dari pemilu ke pemilu. Jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2014 mencapai 11 persen dari total 186 juta jiwa pemilih. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dua pemilu sebelumnya. Pemilu tahun 2009 ada sekitar 36 juta pemilih pemula dari total 171 juta pemilih (20 persen). Sedangkan pemilu 2004, pemilih pemula hanya berkisar 18,4 persen yaitu 27 juta dari total 147 juta pemilih.

“Pemilih pemula ini sebenarnya sangat strategis. Kalau kita perhitungkan, pemilih pemula ini mencapai 40 persen dari populasi pemilih kita saat ini di Indonesia dan hampir sama dengan negara-negara lain,” Ungkap Indra di SMAN 3 kota Banda Aceh.

Namun Indra mengakui sampai saat ini belum ada angka pasti untuk mengukur tingkat partisipasi pemilih pemula dalam pemilu terutama di kota Banda Aceh. Oleh karena itu Indra menganggap sosialisasi perlu dilakukan semenarik mungkin untuk menjaring pemilih pemula sebanyak mungkin agar menggunakan hak pilihnya.

“Maka penting kita lakukan sosialisasi, tidak hanya goes to school tapi juga ke kampus-kampus,” Lanjut Indra

Sementara itu, Yusri Razali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Banda Aceh  mengatakan kegiatan KPU goes to school bertujuan menyasar Pemilih Pemula siswa/i  SMU/sederajat yang telah berusia 17 tahun saat pemungutan suara.

“Kita mengunjungi Sekolah SMU/sederajat sebagai upaya KIP Banda Aceh menginformasikan perkembangan Tahapan Pemilu 2019 di Kota Banda Aceh,sekaligus menghimbau siswa/i yang memenuhi syarat untuk memilih serta belum terdaftar di DPT,agar melaporkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat dengan membawa Fotocopy KTP dan KK” ujar Yusri

“Kedepan kegiatan Pendidikan Pemilih ini akan menyasar ke segmen perempuan,disabilitas dan keluarga,” tambah Yusri.

“Kita optimis  Partisipasi Masyarakat Kota Banda Aceh pada Pemilu 2019 lebih meningkat dari Pemilu sebelumnya” ujar Yusri.  (Media Center KIP Kota Banda Aceh)