Info Pemilu » Berita / News » Breaking News » Info Pemilu » Berita / News » Election News » Info Pemilu » Kegiatan / Activity

Wednesday, 14 November 2018

KIP kembali Tetapkan 157.884 DPT di Kota Banda Aceh

Election News – Banda Aceh – KIP kota Banda Aceh menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP-2) pada selasa (13/11). Rapat pleno tersebut menetapkan sebanyak 157.884 DPTHP-2 di tingkat kota Banda Aceh pada pemilu 2019 mendatang. Angka tersebut merupakan hasil pencermatan dan verifikasi yang dilakukan KIP kota Banda Aceh terhadap data non-DPT yang diterima KIP kota Banda Aceh dari KPU RI melalui KIP Aceh. Hal ini disampaikan Indra Milwady Ketua KIP kota Banda Aceh di Aula Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh. Indra mengatakan temuan data non DPT yang diberikan kepada kita itu merupakan hasil sinkronisasi antara data awal atau DP4 dengan DPT.

“Kita sebelumnya sudah melakukan pemutakhiran baik terhadap data ganda maupun data anomali seperti meninggal, pindah domisili dan sebagainya. Banyak elemen data yang sudah diperbaiki. Namun, setelah sinkronisasi banyak data hasil perbaikan tersebut yang muncul kembali,” Papar Indra.

Indra melanjutkan, kemudian pihaknya melakukan koordinasi dengan Disdukcapil dan Panwaslih untuk dilakukan pemutakhiran dan penyempurnaan terkait data tersebut sesuai instruksi KPU dalam SE 1351 tanggal 1 November tentang penyelesaian data non DPT.

 “Kita mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam proses penyempurnaan DPTHP-2 ini. Terutama kepada Disdukcapil, Panwaslih, PPK dan PPS yang telah bekerja sama sehingga DPTHP-2 rampung sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” kata Indra.

Sebelumnya KPU RI menerima sebanyak 31 juta data pemilih yang berpotensi belum terdaftar sebagai pemilih atau data non DPT, di kota Banda Aceh sendiri ada 22.816 pemilih non DPT. Angka tersebut merupakan pemilih yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik di Disdukcapil selama tiga bulan terakhir.

Pada kesempatan yang sama komisioner KIP kota Banda Aceh Yushadi mengungkapkan adanya peningkatan signifikan angka pemilih dibandingkan pada DPT dan DPTHP-1 di 90 gampong di kota Banda Aceh.

“Sebelumnya kita telah mentapkan 145.585 pemilih dalam DPT, kemudian dilakukan pemutakhiran menjadi 145.117 DPTHP-1. Sementara itu hasil pemutakhiran di DPTHP-2 menunjukkan peningkatan peningkatan sebesar 12.767 pemilih. Totalnya ada 157.884 pemilih yang terdiri dari 77.624 pemilih laki-laki dan 80.260 pemilih perempuan dengan total 592 TPS di kota Banda Aceh,” Papar komisioner yang membidangi Divisi Program dan Perencanaan tersebut.

Rapat pleno tersebut turut dihadiri Panwaslih kota Banda Aceh, Disdukcapil kota Banda Aceh, PPK, hingga Partai Politik peserta pemilu kota Banda Aceh. (Media Center KIP Kota Banda Aceh).