Info Pemilu » Berita / News » Breaking News » Info Pemilu » Berita / News » Election News » Info Pemilu » Kegiatan / Activity » Sekilas Kota » Top Election Picture

Wednesday, 7 February 2018

180 Pendaftar Lolos Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PPK

Calon anggota PPK sedang melihat pengumuman hasil seleksi administrasi di Kantor KIP Kota Banda Aceh (7/2/2018)

Election News – Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Banda Aceh resmi mengumumkan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lolos seleksi administrasi pada senin (5/2) di kantor KIP Banda Aceh.

Sebanyak 180 pendaftar dari 9 kecamatam di Kota Banda Aceh dinyatakan  lulus seleksi administrasi yang dibuka sejak tanggal 16 Januari lalu. Pendaftar terbanyak berasal dari kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng dengan masing-masing 33 dan 30 pendaftar. Lalu disusul kecamatan Syiah Kuala (26), Jaya Baru (20), Baiturrahman (20), Banda Raya (17), Lueng Bata (15). Kutaraja (10) dan Meuraxa (9).

  1. Dahlan selaku Komisioner KIP kota Banda Aceh mengatakan bahwa seleksi PPK ini merupakan bagian dari rangkaian pembentukan badan penyelenggara adhoc dalam rangka menghadapi Pemilu Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang.

Ia mengungkapkan sejak dibukanya pendaftaran anggota PPK, kantor KIP Banda Aceh dibanjiri pendaftar dari berbagai kalangan dan usia yang berasal dari 9 kecamatan di kota Banda Aceh.

“Pendaftarannya sudah kita buka sejak bulan lalu dan antusiasme masyarakat cukup baik. sebagian besar didominasi oleh wajah-wajah baru, hal ini mengacu pada regulasi yang menyebutkan bahwa anggota yang sudah pernah menjabat dua periode tidak diperkenankan mendaftar kembali” Ungkap salah satu komisioner KIP Banda Aceh ini.

Pendaftar yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti seleksi ujian tulis. M. Dahlan berharap para peserta dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin mengingat ketatnya persaingan jika dilihat dari jumlah pendaftar.

“Ada lima materi yang akan kita uji yaitu; wewenang dan kewajiban PPK, Penelitian syarat dukungan calon perseorangan anggota DPD, Penghitungan perlohen suara dan rekapitulasi perhitungan dan terakhir adalah pengetahuan kewilayahan”, lanjut Dahlan.

Seleksi ujian tulis sendiri akan dilaksanakan pada kamis (8/2) di Gedung Aula Pemko Banda Aceh lantai IV dimulai dari pukul 08.30 s/d selesai. Sementara itu pengambilan nomor ujian dimulai tanggal 6-7 Februari 2018 di kantor KIP Banda Aceh.

 

Jurnalis : Tim Media Center KIP Kota Banda Aceh

Editor : Redaksi KIP Kota Banda Aceh